Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak

Kamis, 19 Desember 2013 0 komentar

Bagi anda yang sudah memiliki anak yang mengalami obesitas pada anak ini sebaiknya janganlah memaksakannya melakukan diet ketat untuk melakukan penurunan berat badan atau obesitas ini. Memaksakan anak menjalani diet dapat menyebabkan pertumbuhan anak dan kesehatan anak menjadi terganggu. Sebaiknya dalam mengembalikan berat badan anak agar tidak menjadi obesitas haruslah dilakukan oleh orang tua. Mengapa demikian? Orang tua haruslah lebih memperhatikan kembali terhadap hal-hal yang dapat memicu munculnya obesitas pada anak ini.

Langkah yang perlu dicermati dan dilakukan dalam mengatasi obesitas pada anak adalah;

Memperhatikan hidangan makanan yang akan disajikan untuk anak

Sebaiknya mengurangi  bahkan sebaiknya tidak mengonsumsi jenis makanan fast food, snack ringan yang tidak sehat, minuman ringan yang tinggi gula, cemilan manis mengandung gula, bahkan makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Perkenalkanlah anak pada jenis makanan sehat, seperti sayuran, buah dan daging segar. Walaupun sulit mengenalkan jenis makanan ini sebaiknya orang tua haruslah bersabar dan cobalah memberikan mereka pengertian secara perlahan agar dikemudian hari si anak menjadi terbiasa mengkonsumsi jenis makanan sehat tersbut.

Biasakan memberikan sarapan dan membekalinya untuk disekolah

Sarapan menjadi awal terbaik bagi anak untuk memulai segala aktivitas hariannya. Hal ini sangat diperlukan tentunya agar si anak memiliki energi yang cukup disaat beraktivitas di sekolah dan tentunya menghindari anak untuk jajan makanan yang dapat membahayakan kesehatan yang juga dapat memicu munculnya obesitas pada anak. Dengan membekali makanan dari rumah tentunya orangtua lebih dapat mengontrol tingkat gizi sehingga menjadi lebih baik.


Perhatikan cara anda mengolah makanan

Hindari menyajikan jenis makanan yang dilakukan dengan menggoreng atau konsumi secukupnya jenis makanan yang dengan mengolahnya dengan di goreng. Hal ini tentunya mencegah anda maupun anak anda agar tidak terjadinya mengkonsumsi lemak yang berlebihan. Alternatif dengan memanggang maupun merebus bahkan mengukus sebaiknya anda coba perkenalkan melalui jenis mengolah makanan sehat.





Ubahlah kebiasaan disaat makan

Buatlah aturan yang ketat dimana pada saat makan haruslah dilakukan di meja makan. Saat ini biasanya anak menghabiskan waktunya disaat makan sambil menyaksikan televisi, saking asiknya menyaksikan tivi tersebut tentunya si anak tidak memperhatikan sudah berapa banyak makanan yang masuk dalam perutnya.


Batasi kegiatan anak yang menyita waktu dengan diam terlalu lama

Sebaiknya biarkanlah anak lebihbanyak bergerak ketika beraktifitas. Hal ini tentunya membantu si anak membakar lebih banyak lagi energi yang terdapat dalam tubuh sehingga tidak terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh yang dapat mengakibatkan obesitas pada anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Melamun